Pertamina klaim punya cara lebih jitu dari ide Ahok soal BBM

“Salah satu cara yang kita tawarkan adalah misalnya radius 2 kilometer dari Monas, agak repot sedikit, dalam radius tersebut SPBU hanya menyediakan BBM non-subsidi,” ujar Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya di Gedung Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (18/12).

Hanung meyakini, kebijakan itu bisa mengarahkan pengguna BBM bersubsidi beralih mengonsumsi BBM non-subsidi. Sebab, jika pengguna tetap ingin mengonsumsi BBM subsidi, maka dia akan kerepotan mencari SPBU yang berada di luar radius tersebut.

“Kan repot itu, orang yang sudah punya kesadaran, ya sudahlah ini program pemerintah, baik untuk semua. Saya beli saja BBM non-subsidi,” terang Hanung.

Hanung mengatakan, radius tersebut dapat ditambah jika memang diperlukan dan terbukti berhasil. “Silakan intervalnya berapa bulan sekali ditambah jadi 4 kilometer, 6 kilometer, atau 10 kilometer,” ungkap dia,

Selain itu, Hanung menjelaskan, pada saat penetapan radius pembatasan, beberapa SPBU tetap dibolehkan menjual BBM bersubsidi. Tetapi, menurut dia, SPBU ini nantinya hanya akan difokuskan untuk melayani kebutuhan angkutan umum.

“Pada saat yang sama kita juga atur bagaimana caranya angkutan umum bisa tetap dapat. Jadi, mungkin akan tetap ada beberapa SPBU yang khusus melayani angkutan umum yang memang harus mendapat subsidi,” kata Hanung.

Cara tersebut diakui bakal lebih efektif menekan konsumsi BBM bersubsidi di Jakarta. Dia menyatakan, jika ini berhasil diterapkan di Jakarta, maka daerah-daerah lain akan mengikuti.

“Jadi bukan dilarang, tapi dibikin agak repot. Ini kan barang subsidi, harus dibuat agak repot,” ucap dia.

Namun demikian, Hanung menyerahkan keputusan pada pemerintah jika ingin menerapkan cara tersebut. “Ini domainnya pemerintah untuk memutuskan, kami hanya tukar pikiran,” pungkas dia.

Baca juga:
Tiap tahun TNI utang BBM Rp 8 triliun ke Pertamina 
Pertamina: Ide Ahok hilangkan subsidi BBM bisa timbulkan masalah 
Alutsista baru buat konsumsi BBM TNI membengkak 
DPR Aceh ancam usir Pertamina dari Tanah Rencong 
Promo SPBU baru, Pertamina bagi-bagi pelumas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s